back ground

Change Background of This Blog!


Pasang Seperti Ini

pencarian

"google translate"

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Senin, 26 Desember 2011

ada zat organik di permukaan pluto


 zat organik di permukaan pluto

Pluto (nama resmi: 134340) adalah sebuah planet katai (dwarf planet) dalam Tata Surya. Sebelum 24 Agustus 2006, Pluto berstatus sebagai sebuah planet dan setelah pengukuran, merupakan planet terkecil dan terjauh (urutan kesembilan) dari matahari. Pada 7 September 2006, nama Pluto diganti dengan nomor saja, yaitu 134340. Nama ini diberikan oleh Minor Planet Center (MPC), organisasi resmi yang bertanggung jawab dalam mengumpulkan data tentang asteroid dan komet dalam tata surya kita.

Pada 1978 Pluto diketahui memiliki satelit yang berukuran tidak terlalu kecil darinya bernama Charon (berdiameter 1.196 km). Kemudian ditemukan lagi satelit lainnya, Nix dan Hydra. Setelah 75 tahun semenjak ditemukan, Pluto masih terbalut misteri. Saat ini wahana nirawak New Horizons telah diluncurkan untuk meneliti Pluto dan diperkirakan akan mendekati Pluto dalam jarak terkecil pada Juli 2015.

Teleskop luar angkasa Hubble baru-baru ini menemukan bukti keberadaan molekul organik, yang mengandung karbon pembentuk kehidupan. Pengamatan Hubble tersebut, menunjukkan bahwa ada beberapa zat pada permukaan Pluto, yang menyerap lebih banyak cahaya ultraviolet. Zat itu masih menjadi pertanyaan, namun ada kemungkinan merupakan zat organik, bisa juga berupa senyawa hidrokarbon atau nitrogen yang mengandung molekul-molekul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar